Friday, July 20, 2007

Melompat lebih tinggi


Songoku adalah keturunan bangsa Saiya dari planet Bejita yang diutus ke Bumi untuk memusnahkan kita semua (penduduk bumi). Tokoh fiksi karya Akira Toriyama pada kisah Dragon Ball ini kelihatannya diinspirasi dari gabungan antara tokoh legenda Raja Kera Sun Gokong dan superhero Clark Kent dari planet Krypton yang kemudian dikembangkan seperti layaknya manga khas Jepang yang bergaya Hiperbola.

Hal yang menarik dari bangsa Saiya adalah, karakteristik mereka yang akan menjadi jauh semakin kuat jika sembuh dari sekarat/sakit berat. Bahkan pada beberapa kali fase latihannya, Goku pernah beberapa kali dengan sengaja menembakkan pukulan Kamehame ke tubuhnya agar terluka parah dan selanjutnya memakan kacang ajaib untuk mempercepat proses penyembuhan dan menjadi semakin tangguh.

Setiap saat, kualitas musuh-musuhnya terus semakin berat, tapi jangan khawatir, walaupun biasanya pada pertarungan awal Goku sering kalah, namun setelah mengalami beberapa kali kekalahan dan luka parah dengan segera kemampuan Goku juga akan meningkat drastis dan dapat mengalahkan musuh bumi, hingga muncul makhluk lain yang lebih kuat lagi.

Kembali ke alam nyata. Manusia sebenarnya diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah. Kemampuan ini mungkin masih tersimpan atau tidak muncul karena belum ada pemicu yang cukup kuat untuk mendorongnya keluar.
Dalam suatu pelatihan motivasi tentang "Mengembangkan Energi Potensial", dijelaskan bahwa kondisi 'terdesak' ini bisa terjadi tanpa sengaja (kita inginkan) atau kita munculkan dengan sengaja dengan mengkondisikan pikiran, fisik maupun semangat ke titik maksimal yang diluar batas kemampuan kita.

Sekarang tinggal pilihan saja nich... Comfort zone memang kadang membuat malas dan menghilangkan jauh-jauh semangat untuk 'naik kelas'.

No comments: