Thursday, August 23, 2007

Wikipedia, Siapa yang 'keblinger'?


Sudah beberapa hari ini Wikipedia masuk berita, tadi pagi juga, relay berita VOA yang dtayangkan MetroTV kembali mengulas tentang raksasa 'ensiklopedi' online ini. Topik berita masih sama, tentang keabsahan isi ensiklopedi tersebut.
Berita tadi pagi membahas informasi kesejahteraan karyawan Walmart sebuah minimarket di Amrik sana yang termuat di Wikipedia ternyata editornya karyawannya sendiri. Tentang berita tokoh-tokoh tertentu yang ternyata juga hasil editan dari golongan kelompok tertentu yang menjadikan informasi yang dihasilkan menjadi sangat subjektif. Tentang nimbrungnya CIA dalam kegiatannya membentuk opini masyarakat pada topik-topik tertentu.

Sebagai ensiklopedi online hasil kolaborasi para pengguna internet di seluruh dunia, perkembangan dan kepopuleran wikipedia yang lahir tahun 2001 ini cukup fantastis. Hampir semua hal ada tulisannya disana. Sebagian besar pengguna Internet juga menggunakannya sebagai rujukan.

Kalau ditanya ke saya sich, yang keblinger sebenarnya siapa yach??? Wikipedianya??? para pengamat??? Penggunanya??? atau saya yang nulis ini???

Kalau baru sekarang orang ramai-ramai membahas tentang keabsahan informasi yang dimuat wikipedia, itu aneh aja!!!. Bukannya di aboutnya sudah jelas dicantumkan, bahwa ensiklopedi ini ditulis secara kolektif kolaborasi siapa saja yang telah terregister disistem mereka, yach... begitu... informasinya juga campur aduk antara benar dan salah. Pagi hari benar, bisa jadi 5 menit kemudian menjadi ngaco, walaupun sekian saat dibenahin oleh volunter lain, jangan salahkan jika sesaat berikutnya jadi melenceng lagi.

Jadi? Seperti kata Guru Bangsa BBM, GusPur, "Gitu aja kok repot!..."

No comments: