Monday, May 7, 2007

Tentang Open Source

Sudah lebih seminggu disalah satu milis yang saya ikuti rame bahas tentang framework dan open source. Sebanarnya 2 hal yang bisa jadi tidak berhubungan, tetapi karena ini komunitas java, bisa dibilang apa pun produknya hampir semuanya opensource... termasuk Framework.

Pemerintah juga sudah mencanangkan IGOS Indonesia Goes Open Source sejak lama. Para pemain IT memandang hal ini dengan berbagai pendapat. Ada yang semangat dan segera mengambil peluang, ada yang merasa skeptis (entah karena merasa yakin tak mampu ikut atau nggak bisa melihat peluang yang ada) dan berbagai pandangan lainnya.

"Open Source Software sendiri merupakan software yang berbasis pada kode-kode terbuka, dapat dimanfaatkan siapapun dan dikembangkan secara gratis. Ini membedakan dengan software proprietari yang dijual dengan harga puluhan hingga ribuan dolar AS.(Sumber: Kusmayanto Kadiman)"

Benar... coba perhatikan kata "dapat dikembangkan secara gratis". Saya lebih fokus pada pernyataan itu. Bermanfaatkah Open Source??? Tergantung kepada kita para pelakunya. Ada yang menggunakan Open Source Software tanpa melakukan apapun, pakai apa adanya... It's ok. Tetapi menurut pendapat saya ini belum memaksimalkan visi Open Sourcenya.

Minggu kemarin saya baru aja memanfaatkan salah satu aplikasi e-commerce open source untuk kepentingan saya. Sangat bagus, punya dukungan komunitas yang luas, dokumentasi dan featurenya juga sangat lengkap. Saya masih heran jika ada yang berusaha membeli aplikasi lain dengan harga tinggi jika sebenarnya sudah banyak bertebaran aplikasi sejenis dengan kemampuan yang selengkap ini dan GRATIS beserta Sourcenya.

Sayangnya (atau untungnya), tidak semua aplikasi open source memenuhi kebutuhan para penggunanya. Disinilah visi Open Source harus dimaksimalkan... Misal, ternyata aplikasi open source yang saya gunakan tidak mendukung pembayaran via e-gold. Padahal saya sangat memerlukan jenis pembayaran ini. Jadi??? Lho itu khan sourcenya bisa dibuka dan diutak-atik... Ya.... perbaiki dan modifikasi lah.

Go Opensource.

1 comment:

Open Source Lover said...

Kurangi Pembajakan dengan OpenSource