Friday, June 8, 2007

Negosiasi produk-produk di AcehCraft.com

Sesuai dengan tujuan awal membuat AcehCraft.com adalah sebagai penghubung antara pengrajin di Aceh dengan calon pembeli yang berminat. Maka, saya bersama istri mulai menjajaki para pengrajin yang memiliki 'wawasan' dan pemahaman yang sejalan dengan rencana kami.

Ternyata, tidak mudah juga untuk meyakinkan pengrajin-pengrajin tersebut untuk bersedia bekerjasama dalam rencana ini di AcehCraft.com. Secara global perlu ada beberapa kesepahaman terhadap bentuk kerjasama ini.
  1. Kerjasama antara AcehCraft.com dan para pengrajin adalah simbiosis mutualisme. Tidak ada yang boleh dirugikan dari kerjasama ini.
  2. Tanggungjawab AcehCraft.com adalah memajang, memasarkan, mengirim dan segala hal yang berkaitan dengan proses penjualan produk yang ada semaksimal mungkin.
  3. Tanggungjawab pengrajin adalah menyediakan produk, informasi produk, jaminan mutu dan ketersediaan, konsistensi harga :-D dan segala hal yang berkaitan dengan proses produksi produk semaksimal mungkin.
Saya lebih fokus terhadap point pertama. Wew... Ternyata tidak semua pengrajin dapat memahami hal ini dengan mudah :-D

Beberapa pengalaman menarik terjadi pada saat hunting mencari pengrajin yang 'sesuai' dengan ide AcehCraft.com.
  • Ada yang menginterogasi dengan penuh curiga tentang maksud, tujuan dan jaminan dan sebagainya
  • Ada yang dari awal langsung minta data alamat dan telepon dan berjanji akan berkunjung ke AcehCraft.com... He he heeee... keliatannya beliau belum paham, bahwa www.acehcraft.com tidak ada secara fisik... Paling bisa ke rumah saya saja...
  • Ada juga yang tidak ngijinin dengan alasan takut ditiru... Hey... this is 21st century!!!. Kalau cuman niru ngapain repot harus pura-pura??? Tinggal beli atau foto pakai hidden camera.
  • Ada yang bersedia, tapi ngasih data catalognya lamaaaaaa banget. Sampai malu bolak-balik kaya debt collector aja.
Tapi dibalik itu semua, ternyata ini sangat menyenangkan. Pengalaman baru, kenalan baru, mengenal lebih dalam terhadap proses produksi, dan hal-hal lain yang memperkaya wawasan dan pengalaman saya. Apalagi jika membayangkan saya nantinya dapat membantu mereka meningkatkan pemasaran produk mereka hingga kemanca negara.

Semoga.... Insya Allah

No comments: