Friday, June 8, 2007

Salah judul, salah warna hingga salah persepsi

Seperti busana, biasanya kita 'dipaksa' harus menyesuaikan 'wajah' kita di masyarakat atau komunitas disekitar kita.
Tidak... ini tidak dalam konteks negatif tentang manusia bermuka dua yang menunjukkan sifat/sikap yang berbeda demi kepentingan pribadinya. Ini lebih kepada bagaimana kita menyesuaikan perilaku, kata, sikap dan sejenisnya kepada lingkungan sekitar dengan maksud yang lebih positif.

Pada beberapa pengalaman pendakian gunung bersama. Ada seorang teman yang selalu bersemangat dan tersenyum disetiap pendakian, walaupun kadang dia sering kelebihan beban karena harus membantu mengangkat ransel atau barang bawaan teman tim yang lain.
Setelah bertahun-tahun bersahabat, saya baru tahu ternyata beliau itu sebenarnya punya penyakit pernapasan dan tidak memiliki fisik sekuat yang dia tunjukkan selama ini.

Diwaktu berdua, pernah dia bercerita bahwa dia khawatir jika menunjukkan rasa kelelahan atau berceloteh tentang beratnya medan, akan menurunkan semangat teman-teman tim yang lain. Itu sebabnya dia terus menunjukkan semangat positif kepada tim lainnya, walaupun untuk itu dia harus menanggung beban lebih berat, karena anggota yang belum/tidak paham keadaannya malah menambah beban berat karena menganggap teman saya itu yang masih kuat dan sehat :-D

Atau seperti Peter Parker yang dituntut terlalu banyak (menurut porsi diposisinya), dengan alasan bahwa datang tepat waktu pada konser Mary Jane merupakan hal mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Jika kita kurang peka dan paham, mungkin ada perilaku/perbuatan kita yang sebenarnya tidak sesuai atau berlebihan terhadap rekan kita. Pada saat kita berbicara, menuduh atau menuntut dengan prasangka bahwa dia adalah yang paling enak, nyaman atau paling menikmati dan mampu diantara rekan-rekan lain.

Not all human like Spiderman... Tapi kadang wajah lelah, kata marah, argumen tidak bersalah ingin ditampilkan pada saat bagian dari lingkungan tidak menyadari terhadap apa yang mereka harapkan!
Beberapa tuntutan 'ringan' bisa jadi merupakan hal yang besar disaat nafas dan semangat yang semakin tersengal.

Memang sudah selayaknya untuk tetap bijak dan menunjukkan busana yang dapat diterima sebanyak mungkin pihak.
Ingat! Spiderman saja hingga saat ini bisa mencapai sekuel ketiga... :-D

Ayo... semangat!

No comments: