Saturday, June 2, 2007

Peninggalan yang berharga

Beberapa hari yang lalu, saya melihat tayangan kesenian di tv lokal Banda Aceh. Dan, tanpa disangka ternyata mereka menampilkan 'Sanggar Nurul Alam', dan menyebutkan nama Ibu saya sebagai pembinanya. Sekedar informasi, ibu saya sudah meninggal dunia 2 tahun lalu. :-D Ternyata tuch televisi memutar rekaman lama yang dibuat sewaktu dulu ibu nasih ada.
Sanggar ini masih ada dan sekarang dikelola oleh anggotanya dan tetap eksis hingga ke beberapa negara tetangga.

Di Bandung ada sebuah Rumah Sakit yang didirikan oleh pendirinya dengan semangat sederhana yang sangat mulia, dia berharap jika suatu saatnya dia sudah tiada, maka ada hasil karya/karsa nya yang terus berguna bagi orang lain.

Menurut agama Islam juga dipahami bahwa ketika kita telah tiada dan dipanggil menemui-Nya, maka akan putuslah hubungan kita dengan semua hal di Dunia kecuali 3 hal:
  1. Do'a Anak yang saleh,
  2. Sedekah Jariyah,
  3. Ilmu yang bermanfaat.
Kalau diklasifikasikan, sebenarnya ketiga-tiganya merupakan Peninggalan yang berharga. Anak yang saleh tentu juga akan berharga bagi alam disekitarnya, karena anak yang masuk kriteria saleh bukan hanya rajin berdo'a khan???, Sedekan Jariyah dan Ilmu yang bermanfaat??? Allahu Akbar...

Kita harus menetapkan niat dan semangat untuk berusaha meninggalkan peninggalan yang berharga bagi semua orang. Tak tersebut hal-hal yang dapat dilakukan untuk membuat peninggalaan yang bernilai. Hal ini kembali kepada visi kita dalam menjalani segala hal dalam kehidupan. Memberi hanya yang terbaik, dan terus berusaha dengan niat yang mulia. Insya Allah, kita pasti akan mampu meninggalkan suatu Peninggalan yang Berharga...

No comments: